Pembina : Perhatikan Perilaku Teman Sebaya agar Tidak Salah Pilih Teman

Kandangan (MTsN 10 HSS) – “Perhatikan Perilaku Teman Sebaya agar Tidak Salah Pilih Teman,” ucap Pembina dari Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Daha Utara, saat memberikan arahan pada kegiatan pembinaan Sekolah Ramah Anak (SRA) di Mushalla Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 10 Hulu Sungai Selatan (HSS), Kamis (16/05/19).
Pembina utama H. Alfian Nor mengatakan dalam pergaulan, siswa – siswi harus bisa membaca situasi dan perilaku dari teman sebaya, dan harus bisa menyeleksi mana kawan yang akan membawa ke arah kebaikan dan mana yang tidak, sehingga dirinya meminta dalam memilih teman harus sangat berhati – hati.
“Teman sebaya adalah sebuah jalan mau menuju kemana diri kita, baca sikap dan sifatnya, namun jangan juga melihat dia nakal lalu dicap tidak baik, baca secara menyeluruh dan dekati dengan baik dan benar,” ucapnya.
Alfian juga mengatakan, jika teman sebaya yang sudah menjadi sahabat, bisa menjadi tempat mencurahkan hati yang baik dan benar, dan dengan bercerita maka beban fikiran bisa berkurang, namun hal itu dilakukan apabila diri mereka malu menceritakan kepada orang tua atau guru.
“Cenderung yang paling sering adalah masalah percintaan di umur begini, jadi kalau bisa bergaullah sesuai dengan Syariat Agama, tidak ada yang namanya pacaran dan cinta – cintaan, fokus belajar, cari teman yang lebih pandai dari kita belajar dan raih prestasi,” ucapnya.
Sementara Wakil kepala Madrasah (Wakamad) bidang kesiswaan Ahmad Gazali, S.Pd.I yang mendampingi para pembina mengatakan, jika dalam pergaulan di sekolah, siswa – siswi dibatasi dengan aturan, dan juga dikontrol dengan ketat, bahkan ada larangan tersendiri dan batasan tersendiri pergaulan antara laki – laki dan perempuan, sehingga secara garis besar MTsN 10 HSS sudah menerapkan apa yang disampaikan pembina.
“Kita tidak melarang bergaul antara laki – laki dan perempuan, akan tetapi dalam batasan – batasan yang sudah ditentukan, dan tidak boleh melanggar peraturan, jika terjadi maka aka nada bimbingan atau arahan dari dua pihak untuk menyelesaikannya,” ucap Gazali. (Rep/ Ft: Iza)


0 Comments

Follow Me On Instagram