MTsN 10 HSS Sosialisasikan Madrasah Adiwiyata

Kandangan (MTsN 10 HSS) - Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 HSS menyosialisasikan Program Sekolah Adiwiyata. Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang berbudaya dan berwawasan lingkungan yang merupakan program lingkungan hidup dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Predikat ini diberikan kepada sekolah yang mau menerapkan adiwiyata dengan sejumlah persyaratan dan ketentuan. Sekolah Adiwiyata sudah ada sejak 2006. Diruang kelas MTsN 10 HSS, Kamis (11/4/2019).
 
Kepala MTsN 10 HSS Drs. H. Mahyani B, M.Pd mengatakan bahwa MTsN 10 HSS merupakan salah satu sekolah kandidat adiwiyata Nasional yang direkapitulasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten HSS, sehingga perlu adanya koordinasi kepada sekolah lain agar bisa membantu dan bekerja sama untuk mewujudkan hal tersebut.

“Kami melakukan sosialisasi Sekolah Adiwidata kepada puluhan sekolah di semua tingkatan pendidikan agar mereka mau menerapkan adiwiyata di sekolahnya dengan nanti mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata, sama halnya seperti MTsN 10 HSS,” ucapnya.

Mahyani juga mengungkapkan, jika dalam pelaksanaannya nanti, adiwiyata bertitik berat pada tata cara sekolah yang bisa mengintegrasikan lingkungan hidup ke dalam semua kegiatan akvitivitas belajar mengajar di sekolah. Dalam pembelajaran yang dirancang mulai dari rencana pengajaran, aktivitas belajar siswa, sampai kepada rencana penganggaran sekolah harus berbudaya lingkungan. Misalnya, menyiratkan adanya anggaran yang menghemat energi seperti membeli lampu LED dan peralatan lainnya yang hemat energi.

“Sekolah Adiwiyata ini juga tergambar dari perilaku, kondisi, dan lingkungan sekolah, mulai dari perawatan air dan peralatannya, sampah, tata letak dan desain ruangan yang menggambarkan konsumtifitas terhadap energi sedikit, seperti tidak mengandalkan cahaya dari lampu melainkan cahaya matahari sehingga ruangan di cat terang. Ruangan mempunyai ventilasi cukup sehingga tidak memerlukan mesin pendingin,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Kasi) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Suhaimi, S.Pd.I MM mengatakan, jika Adiwiyata adalah sebuah penghargaan yang bisa menunjukkan kualitas sekolah dalam mengaplikasikan peduli lingkungan dalam segala kegiatan Madrasah, sehingga nantinya menjadi tempat yang menyenangkan bagi siswa – siswi dalam belajar. “Program Sekolah Adiwiyata bukanlah perlombaan. Program ini hanya salah satu upaya penyelamatan lingkungan yang dilakukan di kawasan sekolah oleh semua warga sekolah,” ucapnya. (ref/ft : Irus)

0 Comments

Follow Me On Instagram