MTsN 10 HSS BERSIAP HADAPI ADIWIYATA NASIONAL DAN LSS PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

KANDANGAN - (MTsN 10 HSS) -Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Hulu Sungai Selatan (MTsN 10 HSS) yang baru saja menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Juara 1 Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mulai mempersiapkan diri dalam menghadapi Adiwiyata Nasional dan LSS tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang akan di adakan pada tahun 2019 ini.

Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Sarana dan Prasarana Bahri, M.Pd mengatakan, berbagai macam persiapan sudah dilakukan, diantaranya membangun sarana daur ulang sampah dilingkungan madrasah, meneliti jenis tanaman obat yang belum ada, mencoba berbagai macam inovasi yang akan dipersentasikan, dan penyempurnaan sarana sanitasi seperti toilet serta pembuangan sampah disekitar lingkungan MTsN 10 HSS.

“Persiapan juga dilakukan oleh siswa – siswi, karena target kita bukan hanya lingkungan tapi perilaku warga madrasah untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan madrasah juga harus menjadi perhatian utama,” kata Bahri.

“ Proses persiapan yang dilakukan oleh MTsN 10 HSS ini, bukan sebuah kegiatan yang instan dilakukan. Namun kegiatan tersebut sudah menjadi program yang direncanakan oleh pihak madrasah, MTsN 10 HSS melakukan kegiatan tersebut juga sebagai sarana untuk mempertahankan gelar Sekolah Sehat Tingkat Nasional yang sudah diberikan pada tahun 2017 oleh pemerintah pusat,” tambah Bahri.

Kepala MTsN 10 HSS Drs. H. Mahyani B, M.Pd mengungkapkan, adiwiyat dan Lomba Sekolah Sehat bukan hanya berbicara tentang sekolah atau madrasah yang bersih dari sampah, namun lebih daripada itu, madrasah yang bersih, teratur, tersedianya sanitasi yang memadai serta perilaku warga madrasah yang menjaga kebersihan dan kesehatan sesuai dengan prosedur yang ada.

Komitmen warga madrasah untuk selalu berprilaku hidup bersih dan sehat. “Seluruh komponen yang ada di madrasah akan selalu berusaha maksimal untuk menciptakan kebersihan lingkungan madrasah yang menyenangkan serta agar perilaku hidup bersih dan sehat menjadi sebuah kebiasaan,” tutup Mahyani. (Rep: Ahmad Naziza/Ft. Nadia)


0 Comments

Follow Me On Instagram