APLIKASI UAMBN SAMA DENGAN UNBK HANYA BEDA SISTEM

Kandangan - (MTsN 10 HSS) - "Aplikasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer tahun ini sama seperti aplikasi Ujian Akhir Nasional Berbasis Komputer (UNBK) namun hanya berbeda sistem,” ujar ketua Tim Proktor Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Hulu Sungai Selatan (MTsN 10 HSS) diruang proktor, kamis (10/1/2019).

Usai mengikuti kegiatan rapat koordinasi proktor se Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) di Madrasah Aliyah Negeri 2 Hulu Sungai Selatan (MAN 2 HSS) pada rabu (9/1/2019) kemarin, Rubiansyah, S.Ag memberikan penjelasan tentang aplikasi UAMBN BK untuk tahun 2019, dirinya mengungkapkan, aplikasi UAMBN BK untuk tahun 2019 berbeda dengan tahun 2018 silam.

“Kita kembali mempelajari sistem untuk aplikasi UAMBN BK tahun 2019 ini,jika  sistem yang dipakai untuk UNBK adalah sistem operasi Windows maka untuk UAMBN BK memakai sistem Linuk,” ungkap Rubi.

Rubi menegaskan, pihak proktor tidak akan terlalu kesulitan untuk mengoperasikan aplikasi UAMBN BK terbaru ini, pasalnya, pihak proktor MTsN 10 HSS memang sudah memiliki basic atau pengetahuan tentang sistem operasi linuk yang dianggap lebih stabil dibandingkan window.

“Meskipun pada dasarnya pengoperasian aplikasi UAMBN BK tahun 2019 ini terbilang lebih mudah, namun tidak ada salahnya jika tim proktor untuk lebih mempelajari sistem yang menjalankan aplikasi tersebut, karena tidak menutup kemungkingan, saat hari dilaksanakannya UAMBN BK ada permasalahan teknis yang muncul,” ucap Rubi

Sementara itu H. Ismail, S.Pd selaku teknisi MTsN 10 HSS mengungkapkan, jika dirinya memang sudah mengetahui sistem pengoperasian linuk yang dipakai UAMBN BK tahun 2019 ini, sehingga dirinya sudah jauh hari memperlajari tentang tata cara pengoperasian sistem operasi linuk dan mengantisipasi masalah teknis yang mungkin akan timbu.

“Untuk linuk sendiri lebih bisa memproteksi diri dari virus, sehingga jika nanti kita melakukan transfer data, sistem linuk akan memproteksi diri dari virus, karena sistem ini jarang dipakai untuk keperluan perkantoran, maka jenis virus dalam sistem operasi linuk sendiri jarang ada,” ungkap Mail.

Mail juga berharap, jika dalam kegiatan UAMBN BK, tidak ada kendala teknis yang akan muncul, sehingga UAMBN BK di MTsN 10 HSS dapat berjalan dengan lancar, dan tim proktor bisa menyelesaikan tugas tanpa kendala.

“Meskipun semua sudah disiapkan, namun tidak ada salahnya kita bersiap, cadangan server dan client juga sudah diinstal aplikasi UAMBN BK, sehingga jika ada permasalahan teknis, kita bisa cepat untuk mengatasinya,” harap Mail. (ref: Ahmad Naziza/ft: Wahid)





0 Comments

Follow Me On Instagram