MOS 2013

Masa Orientasi Siswa atau disingkat MOS atau sering disebut juga Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (disingkat MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan siswa baru.

Masa orientasi lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Tak pandang itu sekolah negeri maupun swasta, semua menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada siswa barunya.
MOS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. MOS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Tujuan MOS

Dalam kegiatan MOS pasti ada tujuan yang ingin dicapai. Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan MOS itu adalah :
  1. Memperkenalkan siswa pada lingkungan fisik sekolah yang baru mereka masuki
  2. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
  3. Memperkenalkan siswa pada keorganisasian
  4. Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah
  5. Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
  6. Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
  7. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
  8. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.
MTsN Negara melaksanakan Orientasi siswa baru dimulai tanggal 26 Juni 2013 s/d 28 Juni 2013, dengan agenda yang menyenangkan, dan konsep belajar itu asik, dalam setiap kegiatannya selalu dihadirkan pembicara yang menguasai dalam bidangnya masing masing, seperti tentang Kurikulum, Tatib Sekolah dan Kegiatan Ektrakurikuler, semua mengundang pakar dari bidang tersebut, diselingi kuis dan teka teki disaat acara menambah suasana meriah yang ektra buat siswa siswi baru MTsN Negara.

Sebagai bahan catatan tambahan, tahun 2013 MTsN Negara menerima 273 Siswa/i Baru untuk menduduki 7 Kelas yang disediakan oleh MTsN Negara, hal ini membuktikan bahwa MTsN Negara merupakan salah satu sekolah favorit di Kecamatan Daha pada umumnya, dengan berbagai persiapan, para siswa baru antusias mengikuti step by step kegiatan MOS yang disusun rapi oleh panitia yang diketuai oleh Bu Dwi Puji Lestari S.Pd.I yang nota bene merupakan pembina PMR MTsN Negara. dengan segudang pengalaman nya dia berhasil membingkis MOS menjadi salah satu acara meriah ditahun ini.

Setiap regu diberikan nama tokoh pahlawan, terdiri dari 10 Siswa dan 10 Siswi, setiap regu diminta untuk selalu aktif bertanya maupun aktif dalam mengikuti lomba serta kuis yang dilaksanakan, dikarenakan tiap hari semua regu diberikan penilaian, sehingga nantinya pada akhir acara, diumumkan pemenang berbagai kategori, seperti

King and Queen MOS 2013
Regu Favorit
Regu Teraktif

Pada akhir acara, semua siswa baru beserta dewan guru dan panitia bersalaman, dan tanda selamat datang di MTsN Negara pun disematkan.

Selamat datang Siswa - Siswi baru MTsN Negara Tahun Pelajaran 2013/2014

 Upacara Pembukaan MOS 2013
 Ditengah lapangan yang sedikit basah Bpk. Kepala Sekolah memberikan first education

 Kelompok Siswa Siswi Baru 2013
 Bpk. Kepala Selaku Pembina Upacara dibelakang ada admin he
 Saat acara lomba para siswa siswi baru meingkatkan antusiasnya
 Pembagian Hadiah oleh Panitia
 Pengenalan Madrasah Oleh Kepala Sekolah
 Games oleh Admin
 Panitia menemani Bpk. Zulkifli dalam sesi Kurikulum dari kanan 
Bu Dwi, Bu Wahidah dan Bu Hamidah
Cantik khannnnn
Bpk. Bahri dalam Sesi Tata Tertib Sekolah

0 Comments

Follow Me On Instagram